Minggu, 15 Mei 2011

pingin sukses

Pingin Sukses : Jangan Baca Koran Pagi Hari !


00-10:00Membaca koran yang masih paling anget emang paling sering dilakukan pada waktu pagi. Biasanya bangun tidur ketika ada penjaja koran teriak … “koo.. raannya koran !” atau koran diantar kedepan pintu.
Banyak yg merasa hebat kalau semua orang belum tahu berita dan anda akan tahu paling duluan, ntar kalo dikantor biar seolah-olah menjadi orang paling up to date !
Berita apa yg menyita waktu pagi anda? Apa pengaruhnya pada jam-jam nanti di kantor. Koran apa yg anda baca ? Atau barangkali situs berita apa yg anda baca di internet setiap pagi ?

Hampir semua berita koran dimana saja sering didahului atau dibumbui dengan issue Negatif. Coba saja lihat isinya, hampir semua headline diawali dengan berita tidak mengenakkan. Berita bencana, berita kerusakan, berita protes.
Mengapa ?
Ah, semua orang termasuk anda juga sudah tahu bahwa berita buruk jelas lebih laku dibanding berita baik. Iya kan ? Lah para wartawan, redaksi, dan pengusaha media itu malah lebih mengerti perilaku pembaca dan penikmat berita seperti kita-kita ini. Bahkan mereka melakukan survey pemasaran berita, setiap kota pemasarannya berbeda-beda tentunya.
Secara umum di Indonesia ini ‘kegagalan lebih bernilai sebagai berita‘ daripada kesuksesan. Dan biasanya ada nada kebanggaan bagi media yg berhasil membongkar kejahatan … Dah, lah ngomongin media emang kepanjangan ngabisin energi. Dan perilaku itu selalu dicat dengan bumbu demokrasi dan kebiadaban kebebasan ekspresi.
Hal ini tentunya termasuk juga yang ada di berita TV pagi,
Membaca tentu sesuatu hal yang wajib, mengetahui sesuatu hal yang baru tentu wajib. Apalagi perubahan dunia terasa sangat cepat. Nah tapi kenapa jangan dibaca dipagi hari ?
Awali pagi dengan berita gembira !
Pagi hari pikiran manusia masih relatif bersih setalah bangun tidur, suasana pagi akan sangat-sangat mempengaruhi suasana hati (mood) yang jelas berpengaruh pada prestasi kerja siang hari di kantor ataupun ditempat kerja lain. Kalau berita buruk merasuki pikiran ini, maka mood atau suasana hati akan sangat terpengaruh.
Iya lah, masak pagi-pagi dijejali kisah kesulitan. Masak sih mata masih susah dibuka eh udah ngedengerin berita TV yg isinya berdarah-darah. Jadi jangan racuni otak anda dengan berita di pagi.
Apa yg sebaiknya dilakukan dipagi hari ? Olah raga, sholat bagi yg muslim, dan kalau memang ingin membaca sambil nyruput kopi atau teh manis maka sebaiknya membaca majalah atau yg berhubungandengan pekerjaan.
Membaca artikel yg cukup serius dan ilmiah akan sangat mudah masuk ke memori otak dipagi hari. Membaca teksbook, membaca majalah ilmiah akan lebih mengena, dan sangat mungkin membuka mata akan adanya penyeleseian problem di kantor nanti.
Bacalah koran dan berita (news) setelah makan siang !
Tentunya saya tidak bermaksud melarang membaca berita, tetapi bagaimanapun hampir semua pekerjaan anda tidak akan terpengaruh dengan berita kejadian buruk yg dibuat pagi ini. (Kecuali orang-orang tertentu yang tugasnya membuat klipping berita tentunya).
Bahkan muka masam serta senyum kecut anda mungkin akan mempengaruhi mood atau suasana hati. Sehingga membaca berita koran akan lebih nyaman dan tidak mempengaruhi suasanan hati ketika bekerja apabila dibaca setelah 3-4 jam bekerja.
Ketika pekerjaan pagi sudah mulai lancar tinggal menyeleseikan dan melanjutkan mungkin membaca koran bisa dipakai sebagai selingan. Sehingga membaca koran sebaiknya dibaca setelah makan siang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar