Minggu, 22 Mei 2011

Kerja Rodi

Kerja Rodi Berlimpah Duit

22 04 2008 Wah, udah brapa minggu ga post, lagi sibuk2nya lembur! sekarang gw baru ngerti gimana prinsip kerja orang jepang yang sebener2nya.
Pertama kali gw dateng kesini, rasanya karyawan2 jepang ga terlalu workaholic banget. tapi ternyata contoh yang gw liat itu adalah orang2 management, HRD, dsb. tapi kalau kita liat sisi pekerja2 IT, ternyata mereka emang dilahirkan untuk bekerja. coba bayangin, setiap hari gw kerja sampai jam stengah 7 malem, tapi gw diwajibkan untuk lembur, dan pikiran pertama gw lembur paling2 sekitar 2 jam. ternyata pas jam 9 gw coba pamit untuk pulang, gw malah ditanya : “kok kamu pulang cepet? ada urusan ya?”. lah? masa jam 9 masih dibilang pulang cepet sih?!
Darisitulah gw sadar kalau orang2 IT ini punya semangat kerja yang tinggi banget. mungkin krn mereka selalu dikejar2 dengan proyek2 baru. jadilah skarang2 ini setiap hari gw pulang sekitar jam stengah 11 malem, dan sampai rumah sekitar jam 12. mau mati rasanya tiap hari harus pulang jam 12 malem.
Setelah gw ngobrol2 sama orang kantor, ternyata emang rata2 orang IT ngambil lembur sekitar 3-4 jam perhari (tapi ada juga sih yang kurang). dan menurut kebijakan pemerintah, lembur maksimal untuk orang2 non-IT adalah 45 jam perbulan, sementara untuk orang2 IT maksimal 80 jam perbulan. dan yang anehnya, temen2 kantor gw perbulannya rata2 lebih dari 100 jam! krn banyaknya kasus2 orang yang gila kerja, pemerintah juga ngebuat aturan yang mengharuskan setidaknya kita menyisakan 2 hari untuk tidak bekerja dalam sebulan! bener2 ga ada kehidupan social deh. bahkan kadang2 hari sabtu & minggu-pun mereka masuk kantor.
↓makanya mas, jangan kebanyakan kerja!↓
Tapi yang enaknya, lembur disini gajinya gede banget, apalagi kalau udah diatas jam 10 malem. jadi istilahnya kalau kita ambil lembur sampe 80 jam, kita bisa dapet duit extra 2x gaji kita, ckckck. worth it sih, tapi badannya apa ga ancur ya? mana mereka kalau lembur ga pernah makan malem lagi. jadi skarang ga heran kan kenapa orang jepang kalau masuk ke butik2 high class bisa borong lebih dari 3 item.
Jadi sekarang gw mulai kepikiran untuk pindah ke negara2 western, entah eropa atau amerika, yang ga ada lembur tapi gajinya 2x lipet gaji jepang hahaha. kayaknya lebih damai disana..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar